Magang/Praktek Lapangan

Magang/Praktek Lapangan 

 

Magang atau praktek lapangan merupakan aktivitas kerja mahasiswa pada tempat kerja seperti pada perusahaan, lembaga non pemerintah, lembaga pemerintahan, lembaga sosial, dan organisasi kemasyarakatan baik yang berperan pada tingkat lokal, regional, nasional maupun yang berperan pada tingkat internasional. Salah satu tujuan kegiatan magang/praktek lapangan adalah untuk memberikan kesempatan kerja kepada mahasiswa yang merupakan bagian dari implementasi atau refleksi teori yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari di perguruan tinggi. Melalui magang, mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja serta berkesempatan meningkatkan kemampuan praktis pada dunia kerja. 

Skema pelaksanaan kegiatan magang/praktek lapangan adalah sebagai berikut : 

1.    Magang Profesi. 

Magang profesi adalah kegiatan magang mahasiswa yang difokuskan pada peningkatan dan pengembangan kemampuan mahasiswa sesuai profil lulusan program studi. Magang profesi dilaksanakan oleh mahasiswa pada lembaga-lembaga profesi yang relevan dengan profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), dan bahan kajian program studi. 

2.    Magang Riset.         
Magang riset adalah kegiatan magang mahasiswa yang dilakukan pada lembaga- lembaga non perguruan tinggi yang bertujuan selain untuk mendapatkan pengalaman kerja juga untuk meningkatkan keterampilan penelitian tentang organisasi tempat magang. Melalui magang riset, mahasiswa mendapatkan dua hal penting, yaitu pengalaman kerja dan pengalaman penelitian yang memperkuat pendalaman pemahaman terhadap ilmu yang dipelajari yang mendukung terpenuhinya Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi. 

3.    Magang Kerja.         
Magang kerja adalah magang yang dilakukan oleh mahasiswa yang difokuskan pada aktivitas kerja di lembaga non perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang ilmu, bahan kajian, profil lulusan, dan capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Studi. Magang kerja bertujuan untuk mendukung pengembangan dan penguatan keterampilan kerja mahasiswa baik pada aspke kepemimpinan, manajerial, dan operasional. 

 

Output/Luaran 

 

1.    Kredit poin sejumlah 20 SKS untuk satu semester (6 bulan). 

2.    Laporan kegiatan magang sesuai standar program studi asal. 

3.    Nilai konversi kegiatan magang kedalam mata kuliah-mata kuliah yang ditetapkan oleh prodi. 

4.    Nilai konversi laporan magang kedalam tugas akhir (skripsi).