Survey Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Tahun Akademik 2021/2022

  • Survey Kepuasan Mahasiswa bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan pelayanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang (Fikes Unsika) kepada mahasiswa. Adapun jenis pelayanan yang diukur meliputi dosen, proses pembelajaran, pengelola fakultas, fasilitas dan tenaga kependidikan. Hasil survey yang ditampilkan adalah hasil pengukuran kepuasan pada Tahun Akademik 2021/2022 yang meliputi semester ganjil dan genap. Butir-butir pertanyaan pada kuesioner disesuaikan dengan kondisi pembelajaran daring.
  • Survey ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa program studi yang ada di lingkup Fikes Unsika. Adapun tingkat partisipasi mahasiswa setiap program studi dalam mengisi survey dapat dilihat pada gambar berikut :

Penilaian Kepuasan Layanan oleh Mahasiswa

  • Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Dosen, Proses Pembelajaran, Tenaga Kependidikan dan Pengelola Fakultas diukur pada 4 aspek, yaitu: 
    • Aspek Reliability (kehandalan dan kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola fakultas) 
    • Aspek Responsiveness (sikap tanggap dosen dalam memberikan jasa dengan cepat) 
    • Aspek Assurance (Kepastian bahwa pelayanan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola fakultas sesuai dengan ketentuan) 
    • Aspek Empathy (Kepedulian dosen, tenaga kependidikan dan pengelola fakultas dalam memberi perhatian kepada mahasiswa)

Sementara untuk aspek Tangibles diukur dengan menilai fasilitas yang terdapat di Fikes Unsika. 

Adapun hasil pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan-layanan yang dimaksud dapat dilihat pada gambar berikut :





Penilaian terhadap kepuasan layanan kemahasiswaan di Fikes Unsika secara umum sudah baik ditunjukan dengan sebagian besar responden memilih kategori ‘Baik’ pada semua layanan. Namun masih diperlukan peningkatan kualitas layanan khususnya pada pengelola fakultas, tenaga kependidikan dan fasilitas.