Prestasi Memukau Dosen Prodi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Kesehatan UNSIKA Menjadi Match Commissioner Terbaik

Dosen Prodi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Kesehatan UNSIKA Menjadi Match Commissioner Terbaik pada Putaran Nasional Piala Soeratin U-15


        Dosen Prodi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Dany Aulia, S.Pd., M.Pd., AIFO-P, meraih penghargaan sebagai Match Commissioner (Matchcom) terbaik pada kompetisi Piala Soeratin U-15 2023 Putaran Nasional. Prestasi sebagai Matchcom terbaik ini merupakan hasil dari kinerjanya yang berhasil memastikan jalannya pertandingan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pria kelahiran Karawang pada tanggal 22 Februari 1990 ini dipercaya oleh PSSI untuk menjadi Matchcom dalam tujuh pertandingan Piala Soeratin U-15 Putaran Nasional. Termasuk di dalamnya adalah tiga pertandingan babak penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, hingga babak final yang mempertemukan Persebaya Surabaya U-15 (1) vs (2) Persija Muda U-15 di Lapangan Kota Barat Surakarta, pada Senin, 5 Februari 2024.





        "Dengan rasa syukur, atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk keluarga dan Unsika, saya berhasil menjalankan tugas sebagai Matchcom dengan baik," ujar Dany, yang merupakan satu-satunya Matchcom asal Karawang yang bertugas di tingkat nasional, kepada KBE pada Senin, 5 Februari 2024. Sebagai seorang praktisi manajemen olahraga, Dany berharap bahwa pencapaiannya dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Karawang untuk terlibat sebagai Matchcom dalam pertandingan sepak bola. Menurutnya, untuk memajukan sepak bola, seseorang tidak harus menjadi pelatih atau pemain, tetapi bisa menjadi bagian dari perangkat pertandingan, baik sebagai wasit, koordinator umum, hingga Matchcom. "Semoga ke depannya akan lahir banyak Matchcom di Kabupaten Karawang yang mampu mengukir prestasi dalam sepak bola Indonesia hingga level nasional. Saat ini, Karawang baru memiliki enam Matchcom, dengan lima di antaranya bertugas di tingkat kota/kabupaten dan provinsi," ungkap Dany, yang sebelumnya pernah bertugas dalam kompetisi Elite Pro Academy 2018. 

        Sebagai informasi tambahan, perjalanan karir gemilang Dany sebagai Matchcom tidak diraih dengan mudah, melainkan melalui perjalanan yang panjang. Lulusan UPI Bandung dan Universitas Negeri Jakarta ini memulai karirnya dengan mengikuti penataran Matchcom sejak usia 21 tahun pada tahun 2011 silam, di mana saat itu, ia menjadi Matchcom termuda se-Indonesia. Kecintaannya terhadap dunia sepak bola tidak hanya membuat Dany fokus sebagai Matchcom. Pria asal Kecamatan Majalaya ini pernah menjabat sebagai sekretaris tim Pelita Bandung Raya FC pada 2014-2015, sekretaris tim Persika Karawang pada 2016-2017, sekretaris tim dan asisten manajer Persika Karawang pada 2018. Selanjutnya, ia menjabat sebagai manajer Badak Lampung FC pada 2019-2021, manajer Borneo FC dalam kompetisi Elite Pro Academy pada 2022, sekretaris tim Serpong City FC pada 2022, dan manajer Serpong City FC sejak 2023 hingga saat ini.