Selamat datang di website resmi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang

Membuka Jendela Kerjasama Internasional: Fikes Unsika Berkolaborasi untuk Kesehatan Global di Bulgaria


    Di tengah dinamika globalisasi, kolaborasi antar-lembaga riset dari berbagai negara menjadi kunci dalam menghadapi tantangan kesehatan yang semakin kompleks. Sebuah langkah monumental telah diambil oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Unsika, yang baru-baru ini menjalin kerjasama internasional dengan Institute of Organic Chemistry with Centre of Phytochemistry, Bulgarian Academy of Sciences (IOCCP BAS). Kerjasama ini tidak hanya menandai kolaborasi antara dua lembaga ternama, tetapi juga menandakan pencapaian signifikan dalam pengembangan ilmu kesehatan global.

    Pada tanggal 22 hingga 26 April 2024, perwakilan dari Fikes Unsika yang dipimpin oleh Dekan, Dr. Kosasih, S.E., MM. dan Ketua Jurusan Kesehatan Umum dan Olahraga, Dr. Al Mukhlas Fikri, S.Gz., M.Si. menjalani serangkaian kegiatan sebagai titik awal dari kerjasama yang menjanjikan ini. Kegiatan dimulai dengan diskusi mendalam mengenai potensi kerjasama di berbagai bidang riset kesehatan.

   Salah satu puncak dari serangkaian kegiatan ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA), yang merupakan komitmen resmi dari kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama yang erat dan berkelanjutan. Dalam kerangka kerjasama ini, kolaborasi riset menjadi fokus utama, dengan topik utama mengenai keamanan propolis pada kondisi ibu hamil.

    Dipandu oleh visi yang sama untuk meningkatkan kesehatan global, kolaborasi riset ini akan dipimpin oleh Dr. Al Mukhlas Fikri, S.Gz., M.Si dari Fikes Unsika dan Prof. Milena Popova dari IOCCP BAS. Keduanya adalah pakar di bidangnya masing-masing, yang akan menggabungkan pengetahuan dan pengalaman mereka untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat global.


    Selain kolaborasi riset, kerjasama ini juga akan melibatkan pendampingan penulisan manuskrip ilmiah serta penyelenggaraan webinar internasional. Melalui pendampingan penulisan manuskrip, para peneliti dari kedua lembaga akan saling mendukung dalam menyusun publikasi ilmiah yang berkualitas tinggi, yang akan menjadi sumbangan berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan. Sementara itu, webinar internasional akan menjadi platform bagi para ahli dan praktisi kesehatan dari seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan penemuan terbaru dalam bidang kesehatan.

    Kerjasama antara Fikes Unsika dan IOCCP BAS bukan hanya sekadar kolaborasi antar-lembaga, tetapi juga merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dalam menghadirkan inovasi dan solusi untuk meningkatkan kesehatan global. Melalui sinergi antara pengetahuan, teknologi, dan sumber daya, diharapkan kerjasama ini akan menjadi tonggak baru dalam upaya bersama untuk menciptakan dunia yang lebih sehat bagi semua.